5 Cara Mengatasi Laptop Sering Ngelag Di Windows 10, Cek !

5 Cara Mengatasi Laptop Sering Ngelag Di Windows 10 – Anda sering mengalami laptop ngelag pada windows 10? Lalu anda bingung untuk cara mengatasinya, berikut admin Teknologinbanget punya cara mudah untuk mengatasinya bahkan tanpa melakukan install ulang windows. Ada banyak faktor yang menyebabkan laptop menjadi sering ngelag (Lamban).

Umumnya beberapa pengguna mengatasi laptop ngelag ini dengan melakukan menyalakan ulang laptop (Restart). Cara ini memang bisa mengatasinya, namun besar kemungkinan laptop menjadi lemot Kembali karena cara ini dinilai kurang efektif dan tidak bisa digunakan jangka panjang.

Salah satu penyebab umum yang sering terjadi adalah banyak aplikasi yang tidak digunakan bisa membuat penggunaan memory dan Ram bekerja dengan berat. Beberapa teknologi baru tidak selalu berjalan dengan baik di windows yang semakin termakan usia. Sehingga, dengan teknologi perangkat yang sama tidak dapat mengimbangi kebutuhan windows 10.

Agar laptop dapat digunakan seperti biasanya berikut admin sajikan cara mengatasi laptop sering ngelag di windows 10 dan akan berpengaruh dalam janka waktu Panjang.

Cara mengatasi laptop sering ngelag di windows 10

1. Berhentikan Aplikasi berjalan yang tidak penting

Cara pertama untuk mengatasi laptop sering ngelag adalah dengan menghentikan beberapa aplikasi berjalan yang tidak terlalu penting untuk membebaskan penyimpanan dan RAM. Salah satu penyebab laptop sering mengalami lag adalah banyak aplikasi tidak penting yang berjalan bersamaan. Di beberapa perangkat ada beberapa aplikasi yang langsung berjalan apabila laptop dinyalakan.

Lalu untuk cara menggunakan cara ini adalah dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang (Background). Untuk caranya, Buka Start > lalu cari task manager > apabila telah masuk ke dalam task manager, klik tab Apps > lalu pilih aplikasi yang diinginkan lalu klik kanan dan pilih End task.

2. Gunakan Recycle Bin

Recycle bin adalah salah satu fitur di windows 10 yang berfungsi sebagai pemulih pada file penting yang tidak sengaja terhapus dan dapat dipulihkan Kembali di Recycle bin. Salah satu penyebab umum laptop sering lemot adalah memory yang digunakan terlalu penuh.

Dalam recycle bin file yang terhapus masih dapat dikembalikan. Namun, Recycle bin juga memakan kapasitas Memory cukup banyak untuk menyimpan file pemulihan tersebut. Membersihkan file di recycle bin yang tidak dibutuhkan dapat membebaskan memory perangkat dan laptop akan menjadi cepat dan tidak ngelag. Untuk cara melakukannya adalah dengan membuka Aplikasi Recycle Bin kemudian pilih file yang diinginkan lalu hapus permanen file tersebut.

3. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan

Cara selanjutnya untuk cara mengatasi laptop sering ngelag di windows 10 adalah dengan menghapus atau menguninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan. Dengan menguninstall aplikasi otomatis seluruh file yang terkait aplikasi akan terhapus secara permanen dan membebaskan penyimpanan memory.

Karena aplikasi yang terlalu banyak dapat membuat performa laptop menjadi sering ngelag (lamban). Karena itu, penting untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan. Caranya masuk Settings > masuk Ke Control Panel > lalu pilih Program and Features > pilih aplikasi yang ingin di uninstall > klik kanan dan Uninstall program.

4. Atur dan Sesuaikan profil penggunaan daya

Laptop windows 10 datang dengan beberapa profil penggunaan daya sesuai kebutuhan dan kegiatan pengguna. Pada setting bawaan windows 10 diatur guna menghemat daya dan ada opsi lain untuk meningkatkan konsumsi daya penuh untuk performa cepat.

Berarti dalam hal ini apabila anda salah mengatur penggunaan daya, maka akan berpengaruh pada performa laptop anda. Untuk cara mengatasinya anda dapat menyesuaikan penggunaan profil daya sesuai kebutuhan anda.

Untuk caranya buka Control panel > lalu pilih Hardware and sound > pilih Power options > terakhir anda dapat mengatur power profil dengan klik Create a power plan dan sesuaikan penggunaan daya anda di di windows 10.

5. Membersihkan File sampah pada laptop

Setiap laptop windows 10 dilengkapi aplikasi default untuk membersihkan file sampah. File sampah inilah yang menjadi penyebab utama laptop menjadi sering lag dan mengganggu kinerja laptop.

Untuk membersihkannya anda dapat membuka Cleaning Disk > lalu buka control panel  > tab System and security > kemudian pilih Clean up system files > terakhir pilih System file yang ingin dihapus.

Penutup

Demikianlah artikel kali ini tekait 5 cara mengatasi laptop sering ngelag di windows 10 yang dapat anda coba. Untuk cara lainnya ada beberapa tips yang dapat anda coba seperti mengatur grafik laptop dan mengupdate keamanan windows. Semoga artikel ini bermanfaat dan Selamat mencoba!.