3 Cara Mengembalikan Wifi Yang Hilang Di Laptop Windows 10, Cek!

3 Cara Mengembalikan Wifi Yang Hilang Di Laptop Windows 10 – Wifi merupakan fitur yang penting untuk dapat mengakses jaringan internet pada berbagai perangkat, seperti laptop, ponsel, dan lain sebagainya. Namun, terkadang ada beberapa kendala yang umum terjadi seperti wifi hilang di laptop windows 10. Untuk cara mengatasinya yakni wifi yang hilang di windows 10 sangatlah mudah. Anda cukup menginstall ulang/update driver wifi, uninstall driver, dan lain sebagainya. Simak pembahasan Teknologibanget berikut!.

Menggunakan wifi pada laptop untuk mengakses internet cukuplah mudah. Anda bisa mengklik ikon di sudut kanan taskbar dan dapat memilih jaringan wifi tujuanmu. Tetapi terkadang, beberapa pengguna laptop mengalami masalah pada wifi yang tiba tiba hilang. Lalu apa penyebab sebenarnya ikon wifi tersebut dapat hilang? Sebenarnya ada banyak. Bisa karena driver yang bermasalah, sistem windows eror, router rusak, hingga kerusakan pad receiver wifi pada laptop.

Lalu bagaimana cara mengembalikan wifi yang hilang secara tiba tiba di laptop? Jangan panik, simak pembahasan berikut sampai tuntas.

Cara mengembalikan wifi hilang di windows 10

1. Pastikan wifi pada laptop sudah aktif

Terkadang wifi yang hilang pada laptop karena terdapat kesalahan sistem atau faktor lainnya. Bisa saja wifi di laptopmu berubah menjadi disable atau tidak aktif tanpa sebab yang jelas. Untuk itu, periksa dahulu melalui pengaturan Control panel.

  • Pertama buka control panel (dapat anda temukan melalui kolom pencarian),
  • Selanjutnya klik Network and Internet,
  • Kemudian klik Network and sharing center,
  • Lalu klik Change Adapter Settings di sebelah kiri menu,
  • Terakhir cek driver wifi dan klik Enable,

2. Install ulang dan Perbarui Driver wifi

Untuk beberapa pengguna laptop, umumnya driver wifi harus di install lebih dulu sebelum digunakan. Sehingga bila wifi tiba tiba hilang, hal itu bisa jadi dikarenakan driver bermasalah.

Untuk cara mengatasinya, anda dapat menghapus driver yang eror tersebut, selanjutnya install ulang melalui situs resmi laptop atau menggunakan CD room bawaan laptop dari pembelian.

3. Uninstall Driver pada Device Manager di laptop

Cara selanjutnya ini hanya berlaku untuk beberapa laptop yang terdapat driver wifi bawaan. Untuk cara mengatasinya anda dapat melakukan Uninstall driver wifi dari Device manager. Setelah laptop di restart, driver tersebut akan secara otomatis terpasang Kembali dan dapat digunakan seperti sebelumnya.

Berikut cara uninstall driver wifi di device manager

  • Klik Kanan ikon windows di laptopmu,
  • Selanjutnya, klik opsi Device mananger,
  • Lalu klik Network Adapters,
  • Kemudian cari wifi yang terhubung pada laptop anda (nama adapter wifi umumnya berbeda-beda),
  • Klik kanan dan pilih uninstall Device,
  • Bila sudah, restart laptop dan periksa apakah wifi laptop sudah muncul Kembali seperti sebelumnya.

Penutup

Demikianlah artikel kali ini terkait cara mengatasi wifi yang hilang di laptop windows 10 yang dapat anda coba untuk memperbaiki masalah serupa, Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat!.