Penting! Inilah Cara Merawat Laptop Gaming Agar Awet

Cara Merawat Laptop Gaming Agar Awet – Kenali tips menjaga laptop gaming supaya tahan lama serta awet. Khususnya untuk menjaga supaya laptop masih tetap berjalan dengan performa tertingginya.

Di zaman digital ini laptop sebagai benda yang masuk ke kebutuhan primer. Walau demikian, harga laptop tidak lah murah. Tidaklah aneh bila tips menjaga laptop harus kamu ketahui, terutamanya laptop gaming.

Beberapa orang berasumsi jika laptop gaming mempunyai ketahanan yang lebih besar dari laptop biasa. Karena, laptop gaming telah dilengkapi komponen dengan spesifikasi tinggi.

Pemeliharaan serta perawatan laptop gaming mempunyai tujuan untuk menjaga baik hardware atau software tetap tahan lama dan performa laptop masih tetap maksimal. Percuma mempunyai laptop yang oke tetapi performa dan kinerjanya sama dengan laptop biasa. Tanpa disadari banyak kebiasan buruk yang bisa merusak laptop kesayangan kamu.

Supaya laptop berusia Panjang, berikut tips menjaga laptop gaming yang Teknologibanget.com kumpulkan buat kamu.

Tips Merawat Laptop Gaming Supaya Berumur Panjang

1. Pakai sistem pendingin tambahan

Umumnya, laptop gaming yang beredar di pasar telah disertai dengan fan atau kipas yang mumpuni. Tetapi, sama seperti kipas pada laptop lain, perangkat tersebut tentu punya masa pakainya. Lama-lama, penggunaan yang terus-menerus akan membuat laptop jadi mudah panas.

Kamu harus memeriksa kondisi kipas laptop gaming kamu. Apakah kipas tersebut berfungsi dengan normal atau tidak. Disamping itu, kamu harus memeriksa tingkat kebersihannya. Selain rutin mengecek kondisi kipas laptop, kamu bisa juga memakai kipas tambahan atau external.

Semakin lama usia laptop yang kamu pakai, pasti perform-nya tidak sebaik saat pertama kali dibeli.

2. Pakai laptop secara baik

Tanpa disadari cara kamu memakai sesuatu punya pengaruh pada ketahanan barang tersebut. Sedapat mungkin jauhi pemakaian yang ‘jorok’. Disamping itu, jangan memakai laptop di atas kasur. Karena, hal tersebut akan menutup lubang sirkulasi laptop dan akan membuat laptop kamu menjadi lebih mudah panas.

Jangan terlalu banyak memindah-mindahkan laptop yang menggunakan hard disk karena hal itu akan berpengaruh pada tergoresnya platter. Tidak cuma itu saja, sedapat mungkin jauhi mengisi daya battery saat laptop sedang digunakan. Karena hal tersebut miliki potensi untuk memperpendek usia dari battery dan akan membuatnya bocor.

3. Membersihkan laptop dengan teratur

Walau terkesan remeh, nyatanya hal ini punya porsi utama pada usia laptop kamu. Tetapi sayang, ada banyak pengguna yang kurang memerhatikan kebersihan laptopnya. Walau sebenarnya bersih-bersih laptop ialah poin utama yang harus kamu lakukan. Tidak perlu setiap hari, kamu dapat melakukan ‘servis’ berkala setiap setahun sekali.

Bukan hanya sisi luar, kamu harus bersihkan beberapa komponen penting dalam laptop. Selain itu, kamu bisa juga melakukan pelapisan ulang prosesor dan VGA, dan pengujian software.

4. Lihat waktu penggunaan

Tidak dapat dipungkuri, bermain games bisa bikin kita lupa waktu. Tetapi laptop kamu juga harus diistirahatkan secara berkala. Tidak cuma bagus untuk netbook, tetapi juga buat kesehatan kamu.

5. Jangan Habiskan Battery Sampai 0%

Kebiasaan buruk kita ialah sering menggunakan laptop sampai batterynya habis, baru selanjutnya diisi kembali. Padahal, itu ialah kebiasaan yang paling salah. Laptop dan battery mempunyai batasan umur pakai, batasan tersebut dapat semakin panjang atau pendek tergantung dari pemakaian penggunaan.

Untuk membantu kamu, jangan abaikan pemberitahuan pengingat bila battery netbook mau habis. Umumnya, laptop akan memberikan notifikasi pengingat charge battery jika sudah berkapasitas di bawah 10%.

6. Buat Battery Laptop Selalu Terisi

Tingkat terisinya daya turut ambil bagian yang perlu untuk tahan lama atau tidak sebuah battery laptop non-removable. Produsen laptop asal AS, yakni Hewlett Packard (HP) bahkan juga merekomendasikan jika battery netbook setidaknya harus menyimpan 50% sampai 70% daya saat disimpan dalam temperatur 20 sampai 25 derajat Celcius.

Bila kamu tidak memakai laptop beberapa waktu yang lumayan lama, seperti karena berlibur atau urusan lainnya. Selalu pastikan jika battery laptop tanam kamu masih tetap terisi di antara 50% sampai 70%. Jangan saat kamu menggunakan laptop itu kembali, batterynya justru mempunyai masalah.

7. Perhatikan Waktu Melakukan Charge

Laptop keluaran terbaru telah dibuat untuk mampu menjaga saluran daya ke battery secara otomatis supaya tidak kelebihan daya atau over charge. Satu hal yang perlu diperhatikan ialah efek panas berlebih yang jelas didapat saat melakukan charge seharian ke notebook.

Karena itu, cobalah untuk mengatur suhu ruang dan gunakan cooling pad atau vacuum cooler untuk membantu mengatur suhu laptop.

Penutup

Dengan informasi tips merawat laptop gaming di atas, kamu dapat menjaga secara baik laptopmu dan memberikan dukungan pelaksanaan WFH kamu. Selamat bekerja dan belajar.