Tips Mudah! Inilah Cara Merawat Baterai Laptop Agar Bertahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Bertahan Lama – Untuk beberapa orang, laptop menjadi kebutuhan khusus. Semua aktivitas dapat dilakuin dengan laptop, dimulai dari ngerjain tugas, kerja, menonton film sampai mendengarkan musik.

Nach, untuk mendukung semua aktivitasmu dari laptop, umumnya selain melihat spec dari laptop tersebut, ketahanan battery jadi salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah laptop. Padahal, ketahanan battery netbook bergantung dari penggunaan dan perawatan battery laptop tersebut. Inilah tips merawat battery laptopmu.

1. Mengatur Cahaya Rendah

Salah satu feature yang memakan banyak daya battery ialah layar. Cahaya yang terlalu jelas dapat membuat daya battery cepat terkuras . Jadi, setiap penggunaan pastiin kamu mengaturnya dengan kontras rendah supaya battery awet lebih lama.

2. Minimalisasikan penggunaan aplikasi

Membiarkan laptop kamu ngejalanin beberapa aplikasi dalam satu waktu jelas membuat laptopmu bekerja lebih keras yang dapat buat daya batterynya bisa lebih cepat terkuras . Jadi, pastikan kamu tutup semua aplikasi yang sedang tidak digunakan ya supaya battery laptop awet.

3. Istirahatkan saat dicharge

Memakai laptop sekalian ngecas ialah kebiasaan yang sulit ditinggalin. Meskipun sebenarnya, itu

Agar battery kamu tidak cepat rusak, setiap kamu lagi ngecharge, upayakan untuk benar-benar diistirahatkan . Jadi si battery dapat mengisi energinya sendiri dengan optimal.

4. Jangan sampai terkena overheat

Nach, salah satu pemicu battery rusak ialah overheat dari laptop itu sendiri. Penggunaan yang terlalu lama tanpa laptop fan dapat membuat laptop kamu terkena overheat. Untuk menanganinya, upayakan untuk memakai laptop fan agar battery laptop bertahan lama.

5. Hindari habis total atau charge terlalu lama

Jika lagi keasikan main laptop umumnya sering kali tuh lupa ngecharge dan ngebiarin battery habis total karena lagi asyik menonton film. Tanpa kamu ketahui, rutinitas seperti ini dapat membuat battery laptop kamu rusak. Ketika penggunaan berat, upayakan untuk langsung ngecharge pas batterynya masih 50%, jika penggunaan ringan, kamu dapat tunggu sampai 30%.

Sebaliknya seperti ngecas terlalu berlebih. Ninggalin laptopmu dicharge walau sebenarnya batterynya sudah penuh dapat ngerusak performa battery tersebut. Lebih baik, jika sudah penuh langsung dicabut saja.

6. Kontrol waktu pemakaian

Yang namanya barang electronic tentu mempunyai kapasitasnya sendiri. Jika ingin punya battery netbook tahan lama, ya kamu juga harus kondisikan dengan waktu penggunaan. Pastikan laptopmu masih tetap mempunyai waktu istirahatnya dan jangan diforsir terus menerus.

Penutup

Jika ingin mempunyai laptop yang tahan lama dan tidak mudah rusak lebih baik kamu ikuti tips ini. Battery netbook yang bocor sudah tentu mengurangi performa laptop-mu. Daripada membeli baru lebih baik kamu mulai menjaga battery laptop. Selamat Mencoba, Semoga Beramanfaat!