Wajib Tahu! Inilah Cara Merawat Laptop yang Baik

Cara Merawat Laptop yang Baik – Ingin laptop Anda tidak cepat rusak dan tahan lama sampai waktu yang lama? Baca tips merawat laptop berikut supaya laptop tahan lama.

Untuk beberapa pekerja dan siswa, laptop menjadi alat yang penting untuk mendukung pekerjaan dan pembelajaran.

Perangkat ini dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, beberapa tugas sekolah, sampai mengakses materi pembelajaran dan hiburan.

Karena perannya yang sangat penting, pasti merawat laptop supaya bisa bekerja dengan baik perlu dilakukan supaya tetap tahan lama.

Sayang ada banyak masyarakat yang belum mengetahui jika kebiasaan remeh seperti mengisi battery dapat mempersingkat usia penggunaan laptop.

Bersumber dari Instagram @kemenkominfo, ada empat tips terkait cara merawat laptop supaya tidak mudah rusak. Berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menjaga performa laptop supaya tetap berjalan baik.

Cara memasang pengisi daya laptop

Salah satu factor yang mengakibatkan usia netbook Anda tidak lama ialah pemasangan pengisi daya yang kurang tepat. Beberapa orang yang salah saat memasangkan pengisi daya ke kontak listrik maupun ke laptop.

Cara yang benar untuk memasangkan pengisi daya ialah sambungkan terlebih dahulu baru selanjutnya menyambungkannya ke laptop. Bila terbalik, motherboard netbook Anda dapat cepat rusak karena listrik belum stabil.

Mengisi battery terus-menerus

Anda kerap mengisi battery laptop semalaman tanpa henti? Mulai saat ini stop kebiasaan tersebut. Terkadang kita lupa saat mengisi battery netbook sehingga membiarkannya terus tercolok sampai berjam-ham bahkan juga semalaman.

Mengisi daya battery secara non-stop malah akan membuat daya battery Anda cepat berkurang. Disamping itu, jangan mengisi battery saat presentase nya masih banyak.

Jangan pakai tombol shutdown

Saat laptop not responding, umumnya dari kita pasti memencet tombol shutdown atau power dengan cukup lama untuk mematikan laptop.

Supaya laptop tidak cepat rusak dan bertahan lama, sebaiknya stop kebiasaan ini. Saat laptop not responding, coba tutup software yang bermasalah.

Anda dapat menutupnya lewat Task Manager. Kebiasaan melakukan shutdown secara paksa membuat mesin cepat rusak hingga Anda harus harus service atau membeli laptop baru.

Sering menggunakan sleep mode

Banyak pekerja atau siswa yang mungkin kerap memakai sleep mode pada laptop mereka. Dengan memakai mode ini, Anda memang langsung bisa memakai laptop dengan cepat.

Tetapi kebiasaan ini malah membuat laptop jadi cepat rusak khususnya di bagian battery.

Supaya laptop tidak cepat rusak, pastikan laptop benar-benar mati atau shutdown setelah selesai digunakan. Hal ini dapat menjaga battery tetap baik dan tidak boros.

Penutup

Itulah beberapa tips agar laptop kamu tahan lama, memang terlihat sepele namun dengan menerapkan cara diatas laptop agan bekerja optimal dan dapat awet. Semoga Bermanfaat!.