CARA MENGATASI LAPTOP PANAS

Cara Mudah! Tips Cara Mengatasi Laptop Panas

Tips Cara Mengatasi Laptop Panas – Laptop terkadang mengalami panas yang berlebihan atau over heat. Hal ini terkadang laptop shutdown sendiri. Bila tidak segera ditangani, bisa berpengaruh pada penurunan performa, bahkan dapat mengakibatkan laptop tidak tahan lama. Karena itu, Anda perlu melakukan beberapa langkah yang bisa menangani permasalahan ini.

Salah satu tanda laptop Anda panas yakni putaran kipas/fan jadi kencang. Karena kipas laptop memang dibuat kencang secara otomatis saat terjadi peningkatan temperatur pada prosesor. Berbeda saat normal. Perputaran kipas tidak sekencang saat prosesor panas.

Selain fan yang berputar kuat saat terlalu panas, ada banyak merk laptop yang shutdown secara otomatis. Hal ini untuk menghindari kerusakan di bagian komponen laptop.

Berikut ini ada banyak langkah yang bisa kita lakukan untuk menangani permasalahan laptop yang panas.

1. Sirkulasi Udara

Cara yang termudah yang dapat kita lakukan pertama kali dengan menambahkan kipas eksternal. Anda dapat membuat sendiri dengan daya dari Usb. Atau mungkin dengan membeli kipas external pada toko computer.

Kenapa? Cara pertama ini kita coba dengan membantu pendinginan dari luar.

Ada banyak kemungkinan penyebabnya,

– Bisa saja karena virus computer atau
– Karena spesifikasi aplikasinya yang besar sehingga laptop over load.
Selain 2 permasalahan di atas, ada kemungkinan kondisi kebersihan sirkulasi udara di dalam laptop kurang baik. Cara mengatasinya yakni dengan membersihkan filter dan heatsink

2. Membersihkan Filter Udara dan Heatsink

Coba perhatikan keadaan bagian dalam laptop. Pastikan tidak terlalu kotor. Bila memang keadaannya terlalu kotor. Anda dapat membersihkan bagian dalam laptop. Jika tidak berani, Anda dapat minta bantuan orang lain yang pernah membuka casing laptop.

Namun perlu diingat, garansi laptop akan habis saat Anda membuka casing. Segel garansi di bagian baut akan hilang.

Saat Anda membersihkan bagian heatsink, pastikan Anda menambah kembali termal paste pada prosesor. Meskipun ada beberapa orang yang mengganti termal paste dengan pasta gigi gigi, namun tidak tahan lama, lebih baik Anda beli saja di bengkel computer. Harganya lumayan murah.

Termal paste berperan untuk menghantarkan panas prosesor ke heatsink secara baik.

3. Kurangi Aplikasi yang Terbuka

Panas terbesar yang dibuat oleh laptop berasal dari prosesor. Prosesor netbook akan bekerja ekstra saat Anda buka beberapa program secara bertepatan.

Anda dapat menjalankan hanya beberapa aplikasi penting saja saat memakai laptop.Tutup beberapa aplikasi lain yang tak perlu, selain menambah panas prosesor, terlalu banyak buka aplikasi bisa membuat konsumsi listrik bertambah.

4. Perhatikan Posisi Laptop

Umumnya sirkulasi udara pada laptop yakni dari bagian bawah ke samping. Anda harus membuat sirkulasi udara ini tetap berjalan dengan baik.

Jauhi meletakkan laptop pada kasur. Selain berdebu, hal ini bisa mengakibatkan sirkulasi udara menjadi terganggu. Terkadang kita tidak begitu memerhatikan kebersihan tempat laptop. Karena itu, pastikan dudukan laptop pada keadaan bersih supaya tidak mengakibatkan filter jadi tersumbat.

5. Check Kinerja Fan

Selain beberapa solusi di atas, pemicu laptop Anda panas yakni karena keadaan kipas pendingin atau fan laptop Anda tidak maksimal. Anda dapat mencoba rasakan aliran udara di bagian fan. Normal atau tidak. Umumnya, saat keadaan laptop sedang over heat, perputaran fan akan meningkat, berdengung kuat.

Bila terjadi permasalahan pada fan/kipas, Anda dapat mengganti fan tersebut. Atau mungkin dengan menambahkan cooling pad sama seperti yang sudah ditulis pada point nomor satu di atas.

6. Membersihkan Virus Laptop

Bagian laptop yang paling tinggi menghasilkan panas ialah bagian prosesor. Prosesor akan bekerja extra bila laptop Anda terserang virus. Sebab itu, coba lakukan scaning, membersihkan netbook Anda dengan memakai antivirus.

Atau Anda dapat memakai deepfreeze sama seperti yang saya lakukan pada netbook saya. Semenjak tahun 2010 sampai saat ini, tak pernah install ulang dan terkena virus.

Bila file -file sistem laptop bersih dari virus, Laptop Anda akan bekerja cepat, prosesor menjadi lebih ringan. Mengakibatkan, temperatur yang ada di heatsink menjadi lebih dingin.

7. Pakai laptop Water Cooling

Saat ini di pasaran telah ada laptop dengan pendingin model water cooling sistem. Mekanisme ini memakai ari sebagai pendingin. Seperti mesin diesel. Anda dapat membeli laptop baru dengan water cooling sistem.

Tipe pendingin semacam ini memang bisa dibuktikan lebih baik menjaga temperatur laptop. Berbeda dengan lama yakni dengan memakai fan biasa. Model water cooling berperan sebagai radiator seperti mesin mobil.

8. Thermal Paste

Panas terbesar pada netbook datang dari prosesor. Nach thermal paste berperan untuk mengantar panas dari prosesor ke heatsink yang selanjutnya didinginkan oleh kipas/fan computer.

Bila thermal paste kering, mengakibatkan panas pada prosesor tidak teresap secara baik oleh heatsink. Hal ini bisa mengakibatkan overheat. Harga thermal paste cukup murah. Anda dapat memperoleh di toko servis computer.

Namun, bila baru pertama kalinya membuka casing netbook. Sebaiknya Anda didampingi orang yang pernah membuka. Hal ini untuk menghindar hal yang tidak diharapkan.

Karena kita mengetahui bahwa, laptop terbagi dalam komponen yang sangat sensitif . Maka, Anda perlu hati – hati saat bekerja dengan elektronik pada laptop

9. Pantau Temperatur Prosesor dengan Bantuan Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang berperan untuk melihat suhu prosesor seperti Speedfan, Real Temp dan semacamnya. Aplikasi tersebut bisa Anda pakai untuk mengawasi temperatur prosesor dan mengatur kapan fan akan berputar optimal.

Dengan bantuan aplikasi semacam ini, Anda bisa mengawasi dan memerhatikan kapan temperatur prosesor naik. Silakan Anda perhatikan bagaimana masing – masing aplikasi Anda memengaruhi temperatur prosesor.

10. Dinginkan Laptop Anda Sesaat

Mungkin panas pada netbook diakibatkan karena hidup terlalu lama. Karena itu, coba shutdown dan dinginkan sesaat supaya temperatur netbook Anda normal kembali. Setelah normal nyalakan kembali.

Selain cara-cara di atas, Anda langsung bisa bertanya pada tukang servis computer. Tanyakan langsung pada ahlinya. Umumnya Anda akan memperoleh beberapa penjelasan terkait dengan permasalahan laptop Anda.

Penutup

Cara di atas adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan saat laptop Anda panas atau overheat. Selain dengan melakukan pembaruan sendiri, Anda dapat mencoba menanyakan pada tukang servis computer. Semoga artikel ini membantu.